by

Apa yang anda tau tentang E-Commerce ? 

Apa yang anda tau tentang E-Commerce ?

Mari kita simak penjelasan berikut ini tentang E-Commerce

E-commerce (perdagangan elektronik) adalah kegiatan membeli atau menjual produk secara elektronik pada layanan online atau melalui Internet. E-c0mmerce mengacu pada teknologi seperti mobile commerce, transfer dana elektronik, manajemen rantai pasokan, pemasaran Internet, pemrosesan transaksi online, pertukaran data elektronik (EDI), sistem manajemen inventaris, dan sistem pengumpulan data otomatis. E-commerce pada gilirannya didorong oleh kemajuan teknologi industri semikonduktor, dan merupakan sektor terbesar dari industri elektronik.

E-commerce biasanya menggunakan web untuk  transaksi meskipun mungkin juga menggunakan teknologi lain seperti email. Transaksi e-commerce yang umum mencakup pembelian produk seperti di Tokopedia atau layanan download musik dalam bentuk digital seperti di iTunes Store.

Ada tiga bidang e-commerce: ritel online, pasar elektronik, dan lelang online. E-c0mmerce didukung oleh bisnis elektronik.

Bisnis e-commerce juga dapat menggunakan beberapa dari hal berikut ini:

  • Belanja online untuk penjualan eceran langsung ke konsumen melalui situs web dan aplikasi seluler, dan perdagangan percakapan melalui obrolan langsung, chatbot, dan asisten suara.
  • Menyediakan atau berpartisipasi dalam pasar online, yang memproses penjualan business-to-consumer (B2C) atau consumer-to-consumer (C2C) pihak ketiga.
  • Jual beli business-to-business (B2B).
  • Mengumpulkan dan menggunakan data demografis melalui kontak web dan media sosial.
  • Pertukaran data elektronik B2B.
  • Pemasaran kepada calon dan pelanggan mapan melalui email atau fax.
  • Terlibat dalam pretail untuk meluncurkan produk dan layanan baru.
  • Pertukaran keuangan online untuk pertukaran mata uang atau tujuan perdagangan.
  • Business to Consumer (B2C): B2C e-commerce adalah model e-comerce yang paling populer. Bisnis ke konsumen berarti penjualan terjadi antara bisnis dan konsumen, seperti saat Anda membeli pakaian dari pengecer online.
Baca Juga :  BI Catat Transaksi Belanja e-Commerce Turun ke Rp55,9 T

Di Indonesia sendiri terdiri beberapa E-C0mmerce yang sudah terkenal seperti Bukalapak, Tokopedia, Blibli, Bhinneka, Orami, Shopee Indonesia, Lazada Indonesia, JD.ID, Sociolla, Zalora Indonesia, Gudangada dll.

Selain berbisnis jual beli di E-C0mmerce, bisa juga melalui Dropship yang mengalami kekurangan dana atau tempat sebagai gudang yang tidak memadai. Bagi pembaca setia Kunciberita yang ingin belajar bagaimana jadi Dropshipper bisa langsung kunjungi website ini ebisnis di artikelnya mengupas tuntas cara cara nya dan ada informasi yang lain juga.

 

Comment

News Feed