by

Alasan Makan Seafood Bikin Tubuh Lebih Sehat

Ingin lebih sehat tahun ini? Salah satu cara mudah dan efektif untuk lebih sehat salah satunya adalah dengan mengonsumsi banyak makanan laut atau seafood.

Ahli gizi Keri Gans mengatakan, seafood memberikan aneka manfaat kesehatan yang terbukti secara ilmiah, termasuk menjaga imunitas, sistem kardiovaskular, dan perkembangan otak.

Baca juga : Gempa di Sulbar, Bangunan Roboh di Mamuju, Warga Berlarian

“Mengonsumsi lebih banyak ikan dan kerang adalah salah cara termudah untuk menurunkan risiko depresi, demensia, penyakit jantung, dan penyakit lain,” kata Gans mengutip dari Real Simple.

1. Mencegah dan menurunkan gejala depresi

Gans mengatakan, riset telah menunjukkan, orang yang rutin makan ikan, 20 persen lebih kecil kemungkinan mengalami depresi dibanding yang lain. Mengapa bisa demikian?

Efek ini terjadi berkat sifat anti-inflamasi dari DHA dan EPA omega 3 dalam seafood yang tinggi. Selain itu, efek ini didapat dari kemampuannya untuk meningkatkan produksi dan penyerapan serotonin.

2. Mengurangi risiko Alzheimer dan demensia

Peningkatan asupan ikan dan makanan-makanan lain yang mengandung EPA dan DHA terbukti menurunkan risiko perkembangan demensia dan penyakit Alzheimer.

“Faktanya, mengonsumsi sedikitnya satu jenis makanan laut per minggu berkaitan dengan penurunan risiko seseorang untuk terkena Alzheimer dan demensia,” jelas Gans.

Pilihan boga bahari terbaik jatuh pada salmon, ikan halibut, sablefish yang mengandung vitamin D, asam amino, juga asam lemak omega 3 EPA dan DHA.

3. Menjaga jantung tetap sehat

Ikan jadi salah satu makanan laut yang paling sehat buat jantung. Mengutip dari Healthline, dalam sebuah riset yang melibatkan lebih dari 40ribu pria AS, mereka yang makan satu atau lebih porsi ikan per minggu memiliki risiko penyakit jantung 15 persen lebih rendah.

Baca Juga :  Manfaat Jahe, Jaga Imunitas hingga Turunkan Berat Badan

Menurut Gans, memasukkan boga bahari padat nutrisi ke dalam makanan mampu menurunkan peradangan, meningkatkan trigliserida, dan menstabilkan kolesterol.

4. Meningkatkan sistem imun

Kandungan lemak omega 3 dari ikan membantu mengurangi risiko inflamasi. Makanan laut juga menjadi sumber pangan untuk menguatkan sistem imun lewat kandungan vitamin A, D, selenium, zinc, dan glutamine.

5. Meningkatkan kualitas tidur

Banyak hal yang menyebabkan gangguan tidur, salah satunya adalah kekurangan vitamin D. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi makanan laut.

Riset selama enam bulan pada 95 pria paruh baya, konsumsi salmon 3 kali seminggu mampu meningkatkan kualitas tidur dan fungsi tubuh. Para peneliti berspekulasi, hal ini disebabkan kandungan vitamin D.

News Feed