by

Air Beras, Rahasia Rambut Panjang Subur Cardi B

Rapper Cardi B punya cara unik untuk merawat rambutnya yang kerap diwarnai dan juga dikeriting atau lurus. Dia merawat rambutnya dengan air beras. Ya, air beras.

Seolah air ajaib, tak dimungkiri kalau air beras memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh, kecantikan juga perawatan rambut.

Pelantun ‘Bodak Yellow’ ini sebelumnya tidak pernah memiliki rambut panjang selama 5 tahun terakhir. Kini, rambutnya tumbuh panjang berkat ramuan yang ia bagikan lewat media sosialnya.

Baca juga : Update Corona Jakarta 1 Agustus: 21.575 Positif 13.887 Sembuh

Diamkan lalu keramas seperti biasa. Baru kemudian rambut disemprot dengan air dari rendaman beras selama 24 jam. Terakhir, rambut di-steam (atau bisa dengan dibungkus handuk panas).

“Perjalanan rambut sejak 2014. Rambut saya tidak pernah melewati bahu. Dengan disiplin (merawat rambut dengan masker dan air beras), rambut jadi seperti ini sekarang,” ujarnya.

Apa air beras memang seajaib itu?

Menurut ahli dermatologi Dennis Gross, sebenarnya belum ada bukti ilmiah atau data yang mendukung kaitan air beras dan pertumbuhan rambut. Tingkat pertumbuhan rambut ditentukan oleh faktor genetik.

Di sisi lain, meski air beras belum terbukti ilmiah mampu menumbuhkan rambut, ahli dermatologi Neil Sadick menuturkan penggunaan air beras aman dan memberikan nutrisi buat rambut. Secara keseluruhan, air beras bisa membantu menguatkan rambut.

Selain air beras, Sadick menyarankan untuk menyisipkan bahan alami lain untuk merawat rambut seperti minyak kelapa, shea butter dan silk protein yang bisa ditemukan pada produk perawatan rambut.

Namun yang perlu diperhatikan, rambut tidak akan tumbuh panjang dalam waktu semalam. Yolanda Lenzy, dari Lenzy Dermatology di Massachusetts, mengatakan jika tidak Anda tidak sedang mengalami masalah kesehatan atau sedang menjalani pengobatan maka rambut bakal tumbuh.

“Anda harus tetap sabar, dan jika rambut Anda tidak tumbuh, jangan lakukan diagnosis pribadi, tapi bicaralah pada tenaga profesional,” imbuhnya.

Comment

1 comment

News Feed