by

Ahli: Butuh Dua Dosis Vaksin untuk Cegah Covid-19

Para ahli memperkirakan pekerjaan berat menanti saat pemberian vaksin untuk mencegah virus corona. Pasalnya, diperlukan dua dosis vaksin agar dapat melawan virus penyebab Covid-19 ini.

Dua dosis vaksin berarti memerlukan usaha ekstra untuk meyakinkan banyak orang mendapatkan vaksin. Selain itu, vaksin juga harus diberikan dua kali dalam jeda waktu tertentu.

Baca juga : Pulsa Gratis Buat PNS dan Mahasiswa Sampai 31 Desember

Hingga saat ini, vaksin masih dalam proses uji klinis skala besar. Dua perusahaan farmasi Moderna dan Pfizer telah memasuki uji klinis tahap 3 dengan total 30 ribu sukarelawan. Partisipan mendapatkan dua dosis vaksin. Moderna memberikan jeda waktu 28 hari, sedangkan Pfizer 21 hari.

Sementara itu, perusahaan farmasi AstraZeneca baru akan memulai uji coba tahap 3. Percobaan pada tahap 1 dan 2 menggunakan doa dosis dengan jarak 28 hari. Novavax yang masih dalam uji coba tahap 2 juga menggunakan dua dosis vaksin.

Sedangkan pada uji coba tahap 3 vaksin dari Johnson & Johnson, beberapa peserta mendapatkan satu dosis, sedang sebagian lagi menerima dua dosis vaksin corona. Sanofi belum mengumumkan pemberian dosis vaksin dalam uji coba mereka.

Dua dosis vaksin dengan rentang waktu membuat orang mesti mengingat tanggal pemberian vaksin. Besar kemungkinan mereka juga mesti merasakan efek samping dua kali.

Dua dosis vaksin dinilai sebagai dosis yang wajar. Sejumlah vaksin seperti cacar air, hepatitis A, herpes zoster (cacar ular) juga memerlukan dua dosis vaksin untuk mencegah penyakit tersebut. Beberapa vaksin bahkan membutuhkan dosis lebih banyak seperti vaksin DTaP untuk difteri, tetanus, dan pertusis.

Selain pemberian dosis vaksin dengan jangka waktu tertentu, Moore juga menyebut terdapat masalah lain seperti logistik. Membuat vaksin dan menyebarkannya ke seluruh dunia dinilai merupakan hal yang sulit.

Baca Juga :  Calon Jemaah Haji Wajib Isolasi Mandiri Sebelum Ibadah

Selain menyediakan vaksin, peralatan lain seperti jarum suntik dan botol juga harus terpenuhi.

Comment

1 comment

News Feed