by

9 Teknologi Baru Teratas di 2021

Teknologi Terbaru di 2021

Teknologi saat ini berkembang begitu pesat, memungkinkan perubahan dan kemajuan yang lebih cepat, menyebabkan percepatan laju perubahan, hingga akhirnya menjadi eksponensial.

Namun, bukan hanya tren teknologi dan teknologi teratas yang berkembang, lebih banyak lagi yang berubah tahun ini akibat merebaknya COVID-19 yang membuat para profesional TI menyadari bahwa peran mereka tidak akan tetap sama di dunia besok. Dan seorang profesional TI di 2020-21 akan terus belajar, berhenti belajar, dan belajar kembali (karena kebutuhan jika tidak diinginkan).

Apa artinya ini bagi Anda? Ini berarti tetap mengikuti tren teknologi baru. Dan itu berarti mengawasi masa depan Anda untuk mengetahui keterampilan mana yang perlu Anda ketahui untuk mendapatkan pekerjaan yang aman besok dan bahkan belajar bagaimana menuju ke sana.

Semua tunduk pada pandemi di seluruh dunia, sebagian besar populasi TI global duduk santai, bekerja dari rumah. Dan jika Anda ingin memanfaatkan waktu Anda sebaik-baiknya di rumah, berikut adalah 9 tren teknologi baru teratas yang harus Anda perhatikan dan coba di tahun 2021, dan mungkin mendapatkan salah satu pekerjaan yang akan diciptakan oleh tren teknologi baru ini.

Berikut adalah daftar top 9 tren teknologi baru:

  1. Kecerdasan Buatan (AI) dan Pembelajaran Mesin
    Kecerdasan Buatan, atau AI, telah menerima banyak desas-desus dalam dekade terakhir, tetapi terus menjadi salah satu tren teknologi baru karena efeknya yang menonjol pada cara kita hidup, bekerja, dan bermain hanya dalam tahap awal. AI sudah dikenal dengan keunggulannya dalam pengenalan gambar dan ucapan, aplikasi navigasi, asisten pribadi smartphone, aplikasi berbagi perjalanan dan banyak lagi.
  2. Robotic Process Automation (RPA)
    Seperti AI dan Machine Learning, Robotic Process Automation, atau RPA, adalah teknologi lain yang mengotomatiskan pekerjaan. RPA adalah penggunaan perangkat lunak untuk mengotomatisasi proses bisnis seperti menafsirkan aplikasi, memproses transaksi, menangani data, dan bahkan membalas email. RPA mengotomatiskan tugas berulang yang biasa dilakukan orang.
  3. Edge Computing
    Sebelumnya merupakan tren teknologi baru yang harus diperhatikan, komputasi CLOUD telah menjadi arus utama, dengan pemain utama AWS (Amazon Web Services), Microsoft Azure dan Google Cloud Platform mendominasi pasar. Adopsi komputasi cloud masih terus berkembang, karena semakin banyak bisnis yang bermigrasi ke solusi cloud. Tapi itu bukan lagi tren teknologi yang muncul.
  4. Quantum Computing
    Tren teknologi luar biasa berikutnya adalah komputasi kuantum, yang merupakan bentuk komputasi yang memanfaatkan fenomena kuantum seperti superposisi dan belitan kuantum. Tren teknologi yang luar biasa ini juga terlibat dalam pencegahan penyebaran virus corona, dan untuk mengembangkan vaksin potensial, berkat kemampuannya untuk dengan mudah menanyakan, memantau, menganalisis, dan bertindak berdasarkan data, terlepas dari sumbernya. Bidang lain di mana komputasi kuantum menemukan aplikasi di perbankan dan keuangan, untuk mengelola risiko kredit, untuk perdagangan frekuensi tinggi dan deteksi penipuan
  5. Virtual Reality dan Augmented Reality
    Tren teknologi luar biasa berikutnya – Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR), dan Extended Reality (ER). VR membenamkan pengguna dalam suatu lingkungan sementara AR meningkatkan lingkungan mereka. Meskipun tren teknologi ini terutama digunakan untuk bermain game sejauh ini, tren ini juga telah digunakan untuk pelatihan, seperti halnya VirtualShip, perangkat lunak simulasi yang digunakan untuk melatih kapten kapal Angkatan Laut, Angkatan Darat, dan Penjaga Pantai AS.
  6. Blockchain
    Meskipun kebanyakan orang berpikir tentang teknologi blockchain dalam kaitannya dengan cryptocurrency seperti Bitcoin, blockchain menawarkan keamanan yang berguna dalam banyak hal lainnya. Dalam istilah yang paling sederhana, blockchain dapat digambarkan sebagai data yang hanya dapat Anda tambahkan, tidak dapat diambil atau diubah. Karenanya istilah “rantai” karena Anda membuat rantai data. Tidak dapat mengubah blok sebelumnya adalah yang membuatnya sangat aman. Selain itu, blockchain didorong oleh konsensus, sehingga tidak ada satu entitas pun yang dapat mengendalikan data. Dengan blockchain, Anda tidak memerlukan pihak ketiga yang tepercaya untuk mengawasi atau memvalidasi transaksi
  7. Internet of Things (IoT)
    Tren tekhnologi baru yang menjanjikan lainnya adalah IoT. Banyak “benda” sekarang sedang dibangun dengan konektivitas WiFi, yang berarti mereka dapat terhubung ke Internet—dan satu sama lain. Oleh karena itu, Internet of Things, atau IoT. Internet of Things adalah masa depan, dan telah memungkinkan perangkat, peralatan rumah tangga, mobil, dan banyak lagi untuk terhubung dan bertukar data melalui Internet.
  8. 5G
    Tren teknologi berikutnya yang mengikuti IoT adalah 5G. Di mana teknologi 3G dan 4G memungkinkan kita menjelajahi internet, menggunakan layanan berbasis data, meningkatkan bandwidth untuk streaming di Spotify atau YouTube, dan banyak lagi, layanan 5G diharapkan akan merevolusi kehidupan kita. dengan mengaktifkan layanan yang mengandalkan tekhnologi canggih seperti AR dan VR, di samping layanan game berbasis cloud seperti Google Stadia, NVidia GeForce Now, dan banyak lagi. Ini diharapkan dapat digunakan di pabrik, kamera HD yang membantu meningkatkan keselamatan dan manajemen lalu lintas, kontrol jaringan pintar, dan ritel pintar juga
  9. Cyber Security
    Keamanan siber mungkin tidak tampak seperti tecknologi yang sedang tren, mengingat telah ada selama beberapa waktu, tetapi berkembang seperti halnya teknologi lainnya. Itu sebagian karena ancaman selalu ada. Peretas jahat yang mencoba mengakses data secara ilegal tidak akan menyerah dalam waktu dekat, dan mereka akan terus mencari cara untuk melewati tindakan keamanan terberat sekalipun. Itu juga sebagian karena teknologi baru sedang diadaptasi untuk meningkatkan keamanan. Selama kita memiliki peretas, keamanan siber akan tetap menjadi teknologi yang sedang tren karena akan terus berkembang untuk bertahan melawan peretas tersebut.
Baca Juga :  10 VPN Terbaik yang Patut Kamu Coba

Semoga Anda menyukai artikel tentang “9 Teknologi Baru”, jika berminat membaca lebih tentang teknologi bisa langsung ke artikel disini gohitzz tekno.

Comment

News Feed