by

5 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyebut ekstrak temulawak dan ikan gabus dapat dijadikan contoh suplemen penanganan infeksi virus corona (Covid-19). Temulawak merupakan salah satu tumbuhan obat yang memiliki banyak manfaat dan khasiat kesehatan.

Temulawak memiliki nama ilmiah Curcuma zanthorrhiza, masih satu klasifikasi dengan kunyit atau Curcuma longa. Kandungan utama dari tumbuhan ini adalah curcuma atau curcumin.

1. Kaya antioksidan

Temulawak kaya akan antioksidan yang dapat melawan peradangan dan sumber penyakit. Peradangan pada organ merupakan awal mula penyakit. Antioksidan pada temulawak dapat menekan banyak molekul yang menyebabkan peradangan pada organ tersebut.

Baca juga : Van Dijk dan Alisson Blunder, Liverpool Dikecundangi Arsenal

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Dikutip dari Rx List, temulawak memiliki manfaat yang baik untuk sistem pencernaan. Temulawak digunakan untuk mengobati sindrom iritasi usus besar, perut kembung, asam lambung, gangguan lambung, dan keluhan pada hati dan kantung empedu.

Temulawak juga baik untuk meningkatkan nafsu makan. Sejumlah suplemen menggunakan kandungan temulawak untuk meningkatkan nafsu makan pada anak.

3. Mengurangi risiko penyakit jantung

Temulawak dan keluarga curcuma lainnya memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan jantung. Konsumsi temulawak bermanfaat mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Mencegah kanker

Sejumlah penelitian menunjukkan curcumin dapat memperlambat pertumbuhan, perkembangan, dan penyebaran sel kanker pada tingkat molekuler. Sebuah studi menyebut curcumin dapat mencegah kanker terutama kanker yang tumbuh di sistem pencernaan seperti kanker kolorektal.

5. Dapat melawan depresi

Studi menunjukkan curcumin yang terdapat di dalam temulawak dapat membantu mengatasi depresi. Curcumin efektif sebagai antidepresan.

Sejumlah bukti menunjukkan curcumin dapat meningkatkan neurotransmitter serotonin dan dopamin, hormon yang meningkatkan suasana hati di otak.

Meski  temulawak baik untuk kesehatan, masih belum diketahui secara pasti bagaimana efek temulawak terhadap Covid-19. Perlu lebih banyak untuk mengetahui manfaat temulawak untuk Covid-19 seperti yang dikatakan Menkes Terawan.

News Feed