by

5 Alat kedokteran jaman dulu

Alat kedokteran jaman dulu

sudah berumur panjang dan sejak jaman dahulu ilmu kedokteran telah menemukan berbagai alat kedokteran yang unik dan menyeramkan kalau dibayangkan.Tetapi beberapa iterasi dari awal, harus kita katakan, sedikit kasar.

Berikut ini adalah lima instrumen yang pernah dipakai di jaman dulu yang membangkitkan rasa ngeri di masa lalu kedokteran.

  1. Lintah buatan
    Ketika pada tahun 1800-an lintah hidup tidak tersedia, atau mungkin terlalu kotor, silinder logam dengan bilah ini melakukan fungsi yang sama. Bilahnya yang berputar memotong kulit, sementara tabung menyedot darah keluar. Alat serupa, yang disebut scarificator, menggunakan hingga 10 bilah pegas. Mereka dengan cepat mengiris kulitnya, lalu alat itu dipanaskan untuk menciptakan ruang hampa.
  2. Alat hernia
    Menyadari bahwa tubuh manusia seringkali dapat memperbaiki keadaan lebih baik daripada yang mereka bisa, para dokter di tahun 1850-an memiliki alat khusus untuk hernia. Setelah dokter memperbaiki robekan pada otot atau jaringan, mereka akan memasukkan alat hernia ke area tersebut. Benda ini akan berada di tempatnya selama sekitar satu minggu sementara jaringan parut terbentuk di atasnya untuk membantu menutup hernia yang telah diperbaiki.
  3. Gergaji amputasi
    Kedokteran juga memiliki sejarah panjang tentang dokter yang memecahkan masalah yang belum mereka ketahui dan cara memperbaikinya, seperti infeksi. Dari bakteri pra-antibiotik di masa lalu hingga bakteri yang kebal antibiotik saat ini, infeksi selalu menjadi alasan utama amputasi. Tapi dokter sering bangga dengan instrumen yang digunakan untuk tujuan yang mengerikan ini. Gergaji seperti ini memiliki lingkaran dekoratif, alur, dan desain lain yang, ironisnya, mungkin juga merupakan tempat berkembang biaknya kuman.
  4. Penghancur
    Digunakan pada abad ke-19, alat ini mencekik tumor rahim dan ovarium serta wasir. Lingkaran atau rantai kawatnya ditempatkan di sekitar pangkal pertumbuhan yang tidak diinginkan dan secara bertahap dikencangkan. Itu pada akhirnya akan memotong pangkal pertumbuhan, atau memotong suplai darahnya sampai berhenti dan jatuh. Melakukan hal ini menyakitkan, terutama dengan wasir, tetapi para ahli berpendapat bahwa rasa sakit itu berumur pendek dibandingkan dengan memotong.
  5. Pelepas panah
    Ketika seorang pasien di tahun 1500-an menggunakan panah yang menonjol, para profesional medis tidak langsung mencabutnya. Sebagai gantinya, mereka memegang batang panah di laras tengah penghapus panah seperti gunting. Tapi tidak seperti gunting, ujung tajam bilahnya menghadap jauh dari tengah. Jadi, seolah-olah memiliki panah yang tertancap di tubuh , bilahnya memotong kulit sehingga kepala panah bisa dilepas tanpa cedera lebih lanjut.
Baca Juga :  Apa yang disebut dengan Jimat atau Amulet ?

Bagaimana dengan alat kedokteran jaman dahulu ? mengerikan bukan ?. Ilmu kedokteran sudah makin canggih sekarang ini dan apabila kalian membutuhkan alat kesehatan bisa di dapatkan di distributor alat kesehatan .

Website langsung di www.agmmedica.com

Comment

News Feed