by

3 Cara Cek Nomor NPWP Online

Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) merupakan serangkaian nomor yang diberikan kepada Wajib Pajak (WP) sebagai tanda pengenal atau identitas Wajib Pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban administratif perpajakan di Indonesia.

Kini seiring berkembangnya teknologi, kini anda sudah bisa membuat dan cek nomor online, sehingga para calon Wajib Pajak tak perlu repot antre di kantor pajak (KPP) terdekat.

Baca juga : Facebook Hapus 2,2 Juta Iklan yang Ganggu Pilpres AS

Melansir dari situs resmi Indonesia.go.id, terdapat lima kriteria siapa saja yang perlu memiliki NPWP, yakni:

  1. Orang Pribadi, wanita yang sudah menikah pun akan dikenai pajak secara terpisah dikarenakan memiliki kehidupan yang terpisah berdasarkan keputusan dari hakim. Adanya penghendakan secara tertulis berdasarkan dari perjanjian pada pemisahan penghasilan dan harta.
  2. Wajib Pajak Badan: memiliki kewajiban dalam perpajakan sebagai yang membayarkan pajak, memotong dan memungut pajak yang disesuaikan dengan peraturan Undang-Undang perpajakan.
  3. Wajib Pajak Badan: Hanya memiliki kewajiban dalam perpajakan sebagai pemotong atau pemungut pajak yang disesuaikan dengan Undang-Undang Perpajakan.
  4. Bendahara: Pemotong atau pemungut pajak yang disesuaikan dengan ketentuang Undang-Undang Perpajakan
  5. Wajib Pajak Pribadi: Selain semua yang disebutkan di atas dan dapat memilih mendaftarkan dirinya untuk memperoleh NPW.

Perlu diketahui NPWP yang telah dimiliki suatu atau seorang Wajib Pajak tidak akan berubah meski sang Wajib Pajak pindah tempat tinggal atau kedudukan.

Untuk mendaftar dan mengetahui persyaratan apa saja yang anda butuhkan dalam membuat nomor NPWP anda bisa mengunjungi website resmi Kementerian Keuangan https://www.kemenkeu.go.id/page/tata-cara-pendaftaran-npwp/Lepas mendaftar, Anda akan mendapatkan kartu NPWP yang berisi nama, alamat, hingga nomor unik.

Sebab sifat NPWP adalah rahasia maka Direktorat Jenderal Pajak tidak akan memberi akses bagi siapa pun untuk cek nomor NPWP secara online.

Baca Juga :  Harga Gabah Naik Tapi Beras Turun, Bansos Disebut Bikin Stabil

Hal ini dilakukan sebagai langkah pencegahan karena dikhawatirkan ada orang yang tidak berkepentingan mengakses data diri anda melalui NPWP yang sudah terdaftar. Namun jika oleh sang pemilik nomor itu masih bisa dicek.

Cek Nomor NPWP Online melalui Aplikasi DJPJika anda sudah pernah mendaftar NPWP secara online, maka anda juga bisa cek nomor NPWP pribadi melalui aplikasi Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

Jika belum pernah mendaftar berikut cara yang bisa dilakukan: Kunjungi laman pajak.go.id/registrasi lewat aplikasi browser Anda.

Isi data dengan nomor NPWP dan kode e-FIN yang telah Anda miliki. Tulis angka NPWP tanpa tanda titik dan setrip. Pastikan juga kode e-FIN Anda telah diaktivasi di loket yang ada di KPP. Setelah itu isi kode keamanan sesuai yang telah disediakan. Jika sudah klik Verifikasi.

Setelah semuanya beres, masuk ke akun Anda dan tuliskan email, nomor HP yang aktif, dan kode keamanan. Anda akan diminta membuat password yang digunakan untuk login DJP Online.

Klik Simpan setelah selesai membuat password.Cek email yang Anda daftarkan. Klik tautan yang dikirimkan oleh DJP Online untuk mengaktifkan akun. Anda akan mendapatkan pemberitahuan Aktivasi Akun Berhasil. Klik Ok untuk masuk ke menu log in.

Langkah selanjutnya adalah masuk ke akun DJP Online dengan mengisi NPWP dan password. Jika berhasil log in berarti akun Anda telah berhasil diaktifkan.

Cek Nomor NPWP Online melalui Website Resmi

Selain melalui aplikasi tadi, anda juga bisa cek nomor NPWP melalui situs resmi di ereg.pajak.go.id, caranya: Buka situs tersebutIsi kolom NPWP secara lengkap dan benar, lalu tidak lama berselang akan menuju ke kolom e-mail anda dan silahkan tunggu beberapa saat.

Baca Juga :  Kekurangan Uang Kertas yang Wajib Kamu Ketahui

Jika nomor NPWP anda masih aktif, kolom nama akan mendeteksi dan mengeluarkan data pemiliknya.Jika nomor NPWP dinyatakan tidak aktif, anda juga harus melakukan hal yang sama seperti sebelumnya, yakni langsung datang ke kantor pajak terdekat untuk meminta konfirmasi.

Cek Nomor NPWP Online melalui E-mail atau FaksmileCari informasi alamat faksmile atau alamat email kantor pajak tempat NPWP anda terdaftar. Bisa ditelusuri di Google Siapkan fotokopi KTP agar bisa dimasukkan ke mesin faksmile, atau jika menggunakan email silahkan pindai KTP dan cantumkan

Lampirkan data-data pajak yang masih anda simpan, seperti surat-surat dari kantor pajakTulis surat keperluan alasan anda memerlukan nomor NPWP

Kirim semua dokumen tersebut melalui faksmile atau alamat e-mail, lepas itu tunggu beberapa waktu sampai mendapat balasan dari kantor pajak.Itu adalah beberapa cara cek nomor NPWP online, jika ada masalah anda bisa langsung mendatangi kantor pajak terdekat meminta penjelasan.

Comment

1 comment

News Feed