by

10 Fakta Menarik Tentang Biola

Apa yang kalian ketahui tentang Biola ?

Biola, dengan nama biola, alat musik gesek yang berevolusi selama Renaisans dari instrumen membungkuk sebelumnya: biola abad pertengahan ke-16.

Biola mungkin adalah alat musik yang paling terkenal dan paling banyak didistribusikan di dunia.

Biola memiliki fingerboard tanpa fret. Senarnya diikat ke pasak penyetelan dan ke tailpiece yang melewati jembatan yang ditahan oleh tekanan senar. Bridge mentransmisikan getaran senar ke perut biola, atau papan suara, yang terbuat dari pinus dan memperkuat suara.

Di dalam instrumen, di bawah kaki treble bridge dan terjepit di antara perut dan punggung biola, yang terbuat dari maple, terdapat tiang suara, sebatang pinus tipis yang mentransmisikan getaran senar ke bagian belakang instrumen, berkontribusi pada karakteristik nada biola.

Perut didukung dari bawah oleh batang bass, batang kayu sempit memanjang dan meruncing ke perut. Ini juga berkontribusi pada resonansi instrumen. Dinding samping, atau rusuk, terbuat dari maple berlapis pinus.

Berikut ini beberapa fakta menarik tentang biola yang mungkin belum Anda ketahui.

1. Biola modern telah ada selama kira-kira 500 tahun. Dikatakan telah dirancang pada tahun 1500-an oleh Andrea Amati

2. Bermain biola membakar sekitar 170 kalori per jam. Lupakan latihan Fitness Anda dan mulailah berlatih lebih keras dengan Biola!

3. Biola biasanya terdiri dari kayu cemara atau maple.

4. Biola terbentuk dalam berbagai ukuran. Biasanya, siswa usia muda akan mulai belajar biola  dengan ukuran biola 1/32 atau 1/16. Seiring bertambahnya usia siswa, mereka akan lulus dengan biola yang berukuran penuh.

5. Biola sangat kompleks. Lebih dari 70 potongan kayu yang berbeda disatukan untuk membentuk biola modern.

Baca Juga :  3 Kepercayaan Adat Jawa yang Masih Dilestarikan

6. Kata biola atau dalam bahasa Inggris Violin berasal dari kata Latin di Abad Pertengahan dengan sebutan vitula, yang berarti alat musik petik

7. Rekor dunia bermain biolda dalam keadaan bersepeda mundur menempuh sepanjang 60,45 kilometer dalam 5 jam 8 detik.

8. Biola termahal di dunia dibuat oleh Giuseppe Guarneri pada tahun 1741. Biola termahal ini ditaksir dengan nilai $18 juta

9. Busur biola biasanya berisi 150 hingga 200 helai rambut. Busur biola dapat dibuat dari berbagai bahan termasuk nilon dan bulu kuda.

10. Senar biola pertama kali dibuat dari usus domba (umumnya dikenal sebagai catgut), yang diregangkan, dikeringkan, dan dipelintir. Bahan-bahan lain yang telah dibuat senar biola antara lain: baja padat, baja untai, atau berbagai bahan sintetis, dililit dengan berbagai logam, dan kadang-kadang disepuh dengan perak.

  • Ingin mengetahui lebih lanjut tentang Biola ?
    Begini Tutorial Cara Memegang Biola dan bow.

 

Comment

News Feed